posterSeperti biasanya, menjelang pameran besar penerbit bersiap-siap menyambut moment tersebut dengan membuat buku baru atau melaunching buku andalannya. Pada Indonesia Book Fair 2008 kali ini, para penerbit besar ikut andil. Di antaranya Gramedia, Mizan, Grafindo dan Pustaka Al-Kautsar.

Persiapan penerbit menyambut pameran biasanya dilakukan jauh-jauh hari, terutama tentang buku apa yang akan diterbitkan. Pustaka Al-Kautsar misalnya, pada Indonesia Book Fair 2008 ini telah mempersiapkan buku The Great Leader of Umar bin Al-Khathab. Buku setebal 900-an halaman ini berisi tentang biografi lengkap Khalifah Ketiga, Amirul Mukminin Umar bin Al-Khathab.

Adapun Penerbit Hujjah Press sudah sedari awal mempersiapkan buku yang cukup kontroversial yaitu Membongkar Rahasia Jaringan Cinta Terlarang Kaum Homoseksual. Buku ini menyoroti sisi-sisi gelap homoseksual. Sebenarnya buku ini pantas diberi title Homoseksual Undercover, tapi mungkin supaya lebih boombastis, maka ditulis judul yang panjang dan “mengerikan”.

Bagaimana dengan Khalifa? Imprint dari Pustaka Al-Kautsar yang khusus menerbitkan buku-buku motivasi ini, akan mempersembahkan Rasulullah Way of Managing People. Buku ini ditulis oleh Haryanto, seorang yang telah 14 tahun menekuni bidang HRD. Dari sinilah dia mengkombinasikan teori-teori manajerial dengan sejarah Rasulullah.