Pada pameran Indonsia Book Fair 2008 kali ini akan menampilkan kebudayaan Minangkabau, Sumatera Barat. Pada Indonesia Book Fair sebelumnya telah ditampilkan budaya Irian Jaya, dan kebudayaan dari propinsi-propinsi Indonesia lainnya.

Di Tengah resesi global akibat kredit perumahan di Amerika yang “salah urus” ini, industri penerbitan buku akan diuji. Apakah tetap survive ataukah justru terpuruk. Sekarang ini dampak resesi global sudah mulai dirasakan, terutama oleh golongan the have. Selain harga saham yang turun, juga nilai tukar rupiah yang melemah hingga tembus Rp. 11.000 per dolar. Tak pelak, hal ini akan berpengaruh pula terhadap daya beli masyarakat, sehingga “buku mahal” akan sulit terjangkau.

Biasanya, penerbit kecil di pameran Indonesia Book Fair tidak terlalu antusias. Selain karena sewa stand yang mahal, juga biasanya pengunjung tidak terlalu membludak seperti halnya Islamic Book Fair ataupun Pesta Buku Jakarta. Biasanya pameran ini lebih bertujuan untuk mempromosikan buku dan mengangkat image penerbit. Karena, jika mengandalkan pada hasil penjualan selama pameran, akan sulit menutup biaya operasional. Ataupun jika untung, tidak terlalu melimpah. Beda halnya dengan Islamic Book Fair, yang hasil penjualannya selama pameran sangat menyenangkan hati.

Namun, semua itu tidak menyurutkan niat penerbit untuk mencerdaskan bangsa sambil “berdagang ide”. Pustaka Al-Kautsar misalnya, kali ini akan menampilkan buku-buku andalannya seperti: Inspiring Women, The Lady di Conspirasy, Umar The Great Leader, dll. Tak kalah hebohnya adalah buku kontroversial berjudul Mengungkap Rahasia Jaringan Cinta Terlarang Kaum Homoseksual. Buku yang membongkar fenomena homoseksual di Indonesia, baik melalui jaringan nyata maupun jaringan maya, pastinya akan sangat menarik dibaca, terutama sejak mencuatnya kasus mutilasi Very Idam yang dikenal dengan Ryan.

Mari kita sama-sama mengunjungi Indonesia Book Fair yang akan digelar mulai tanggal 12 hingga 16 Oktober, bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC). Buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Keterangan selengkapnya dapat dilihat di website resminya (sayangnya berbahasa Inggris) di www.indonesiabookfair.com Adapun lokasi stand dapat dilihat sini