Menyambut event pameran besar seperti Pesta Buku Jakarta 2008, penerbit-penerbit buku sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Dimulai dengan pemesanan stand, pemrosesan buku, desain stand, pembuatan katalog, hingga persiapan bedah buku di panggung utama.

Untuk sewa stand yang harganya sekitar 600 ribu hingga 800 ribu permeter persegi, penerbit paling tidak menyipkan biaya empat juta hingga sepuluh juta perstand. Itu belum termasuk dekorasi stand dan penambahan daya listrik, dll.

Penerbit juga sudah mulai memproses buku yang akan diluncurkan pada pameran. Misalnya, Pustaka Al-Kautsar pada pemaran kali ini akan meluncurkan sembilan buku baru. Empat di antaranya sekarang ini sudah siap, yaitu Tata Kota Menurut Islam; Meluruskan Dikotomi Politik dan Agama; Bangkit dari Keterpurukan; serta Agar Harta dan Anak menjadi Berkah.

Selain menyiapkan produk buku yang akan diluncurkan, penerbit juga melengkapinya dengan katalog produk, desain stand, hingga menghubungi pembicara yang akan membedah buku andalan pada saat pameran nanti. Tidak kurang Andrea Hirata (pengarang novel best seller Laskar Pelangi) akan meramaikan Pesta Buku Jakarta kali ini.

Harapan pembaca tentunya agar moment ini sarat dengan buku-buku yang menginspirasi dan memotivasi sehingga negara yang sedang “terkulai” ini bisa bangkit melalui buku, sebagaimana motto blog penerbitabuku, “Membangun Indonesia Melalui Buku.”