Sejumlah ulama, tokoh nasional, dan internasional akan turut meramaikan pameran buku-buku Islam atau Islamic Book Fair (IBF) 2008 bertajuk ”Ukhuwah Membangun Kemandirian Umat”, di Istora Senayan, Jakarta, yang digelar sejak Sabtu (1/3) hingga 9 Maret mendatang.

Tokoh nasional yang dijadwalkan hadir untuk mengisi talk show dalam rangkai acara pemeran tersebut, antara lain KH Abdurrahman Wahid, Hidayat Nur Wahid, Syafei Antonio, Aa Gym, Abu Bakar Ba’asyir, dan Nasaruddin Umar. Sementara itu ulama dan tokoh internasional yang akan hadir antara lain Syeikh Muhammad Syaid Syabiq dan Syeikh Ahmad Mustafa AI- Farran.

Ketua panitia M Anis Baswedan menyatakan, setiap tahunnya pelaksanaan IBF mengalami peningkatan yang cukup berarti. Salah satu indikasinya adalah jumlah peserta yang kian bertambah.
Ia menjelaskan, Tahun 2008 ini ada 203 stand, lebih banyak ketimbang tahun lalu yang hanya 167 stand saja. Peserta terdiri dari 82 Perusahaan, terdiri dari 59 perusahaan penerbit, 17 perusahaan dan 4 perusahaan media massa.

“Melalui kegiatan IBF 2008 diharapkan terwujud hubungan yang semakin erat dan kuat antara umat Islam dalam pengembangan aspek ekonomi, ” tandasnya.

Menurut Anis, para peserta IBF didorong untuk bersama-sama membangun kemandirian umat dalam segala bidang. Ini dilakukan melalui kegiatan pameran dan acara-acara di IBF ketujuh yang digelar dengan pendekatan edutainment yaitu pendidikan dan hiburan.

“Dengan pendekatan ini, kami berharap IBF dapat menjelma tidak hanya menjadi media promosi dan transaksi yang efektif. Tetapi juga menjadi perekat bagi semua kekuatan dan potensi yang ada untuk mengentaskan ummat dari masalah dan krisis yang terjadi sekarang ini, ” katanya.

Sebelumnya, Ibu Negara, Hj Ani Bambang Yudhoyono ketika menghadiri Islamic Book Fair (IBF) menyatakan, pameran buku sangat membantu pemerintah dalam melaksanakan program pencerdasan bangsa. Dengan harga lebih murah diharapkan buku dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. “Sulit membayangkan perkembangan peradaban tanpa buku, ” imbuhnya.
Sedikitnya 25.000 judul buku dipamerkan dalam Islamic Book Fair (IBF) 2008. 5.000 judul di antara baru diterbitkan pada 2007 dan awal tahun ini.(novel/nuol)

Eramuslim.com