Chief editor adalah pemimpin tertinggi pasukan editor. Dia adalah seorang profesional yang tidak perlu dipertanyakan lagi kemampuan teknis editingnya karena paling tidak sudah memiliki jam terbang selama lima tahun sebagai editor. Chief editor yang pasti memiliki kemampuan leadership dan manajerial yang memadai.

Chief editor termasuk personel ataupun petinggi penerbitan yang sudah lebih banyak berpikir strategis dalam hal penerbitan buku. Ia bisa menetapkan bench mark (tanda takuk) penerbit yang akan menjadi acuan penerbitannya. Ia pun memiliki intuisi yang baik untuk mendukung proyek penulisan buku ataupun memburu para penulis buku guna dilambungkanm menjadi best seller.

Informasi perbukuan, baik nasional maupun internasional sebaiknya memang ada dalam genggaman seorang Chief Editor, termasuk informasi pesaing.

Orang dengan kemampuan chief editor (sesungguhnya dan selayaknya) di Indonesia mungkin masih jarang dan banyak dicari. Ia akan menjadi harta paling berharga bagi penerbit dan juga harapan besar bagi para marketer.

Ditulis oleh
Bambang Trim
Ketua Forum Editor Indonesia (FEI)