Penulis kelahiran 7 Desember 1970 ini mulai menulis sejak masih SD. Ketika itu, beberapa puisi serta cerpennya dimuat di harian Sinar Indonesia Baru (Medan) dan Sinar Pagi

(Jakarta).

Sejak 1990, ia mulai menekuni dunia penulisan secara lebih serius. Tahun 1993 sebuah puisinya (berbahasa Inggris) dimuat di majalah Hello (Semarang). Cerpen-cerpennya juga dimuat di berbagai majalah remaja, seperti Anita Cemerlang, Aneka Ria, dan Ceria Remaja. Di tahun 1994 ia menjadi Juara Pertama Lomba Cipta Cerpen Remaja yang diselenggarakan oleh majalah Anita Cemerlang.

Sejak tahun 1992, Jonru mulai menggeluti dunia jurnalistik, terutama sejak aktif menjadi pengelola pers kampus, khususnya di EDENTS (majalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro) dan MANUNGGAL (koran kampus Universitas Diponegoro). Jabatan terakhirnya adalah Redaktur Pelaksana EDENTS (1995) dan Redaktur Pelaksana MANUNGGAL (1998).

Di tahun 1995 ia diangkat menjadi koresponden majalah Anita Cemerlang untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. Selain itu, tahun 1997 ia pernah terlibat sebagai anggota tim edisi percobaan harian Berita Kita (Semarang). Koran ini akhirnya tidak jadi terbit karena alasan krisis moneter.

Pada bulan Maret 2000 ia mulai bekerja sebagai Content Editor di PT UniNET Media Sakti, Jakarta. Sejak April 2001 hingga 19 Maret 2007, ia menjadi Content Editor pada PT Cyberindo Aditama (CBN), Jakarta. Kini, ia menjadi penulis lepas dan menggeluti dunia wirausaha.

Sejak tahun 1996, boleh dikatakan Jonru vakum dalam penulisan cerpen remaja. Di sela-sela rutinitas pekerjaan kantor, ia menyempatkan diri mengelola situs diskusi www.ajangkita.com, portal www.penulislepas.com, dan beberapa situs lainnya.

Sejak awal tahun 2004, Jonru bangkit lagi di bidang penulisan fiksi, ditandai dengan bergabungnya ia di Forum Lingkar Pena (FLP). Kini, dua bukunya telah terbit, yakni novel Cinta Tak Terlerai (DAR! Mizan, Maret 2005) dan kumpulan cerpen Cowok di Seberang Jendela (Lingkar Pena Publishing House, Mei 2005). Selain itu, karyanya juga muncul dalam berbagai antologi bersama, seperti Addicted 2U (Lingkar Pena Publishing House, 2005), Kisah Kasih dari Negeri Pengantin (Lingkar Pena Publishing House, Mei 2005), 17 Tahun (FBA Press), Episode Kelam Feli (MU3 Books), dan beberapa buku lainnya.

Kini, Jonru juga dipercaya sebagai anggota Divisi Humas pada Forum Lingkar Pena (FLP) Pusat. Anda dapat mengunjungi situs pribadinya di www.jonru.net dan http://jonru.multiply.com.

Sumber: http://www.penulislepas.com/v2/?page_id=108